Sabtu, 23 Mei 2009

Batuk Mengandung 20 Ribu Virus

HONG KONG - Ada alasan jitu untuk menyuruh seseorang menutup mulut ketika batuk dan bersin. Perlu Anda ketahui, terdapat 20 ribu virus yang bisa menginfeksi orang lain dalam sekali batuk. Virus ini terutama akan menginfeksi mereka yang tidak tervaksinasi.

Julian Tang, konsultan kesehatan dari Singapore's National University Hospital's Division of Microbiology mengatakan dalam batuk biasa saja bisa menghasilkan sekira 3.000 virus.

Dengan menggunakan riset virus influenza terdahulu, para peneliti memperkirakan setiap virus yang beterbangan melalui satu kali batuk memiliki ukuran diameter antara satu hingga lima mikrometer.

"Berdasarkan riset ini, diasumsikan bahwa sekira 3.000 virus dihasilkan oleh per satu kali batuk. Rentang jumlah virus influenza yang dihasilkan per satu kali batuk adalah sekira 195 hingga 19.500," kata Tang seperti yang dikutip dari Reuters, Rabu (13/5/2009).

Dia pun menambahkan jumlah 3.000 virus ini merujuk pada virus-virus yang beterbangan dan tertahan di udara untuk jangka waktu yang lama. Sehingga sangat cukup bagi virus ini untuk menginfeksi orang lain.

"Virus yang lebih besar membawa virus influenza yang juga bisa dihasilkan dari batuk," kata Tang.

Dengan merebaknya virus influenza baru H1N1 saat ini, tak heran pemerintah di berbagai negara menyarankan setiap orang agar berlaku higienis termasuk menutup mulut pada saat batuk.

Di Indonesia sendiri, sebuah iklan televisi mendemostrasikan seorang wanita yang menasihati seorang bocah untuk menutup mulutnya pada saat batuk agar tidak menyebarkan penyakit ke orang lain. (jri)




[quoted by: m barja sanjaya, from OKEZONE]

1 komentar: