Sabtu, 23 Mei 2009

Ilmuwan Temukan Vaksin Kolera Termurah di Dunia

SEOUL - International Vaccine Institute (IVI) berhasil menemukan vaksin kolera yang diklaim termurah di dunia. Organisasi kesehatan internasional yang berbasis di Seoul itu menyatakan, produk vaksin koleranya dapat dijual dengan harga USD1 per dosis.

Straits Times, Senin (20/4/2009), melansir harga vaksin kolera yang beredar di dunia terbilang cukup tinggi, sehingga menghambat pengendalian penyakit kolera di beberapa negara berkembang. Di Bangladesh, harga vaksin Kolera mencapai USD18 atau sekira Rp192 ribu.

Menurut direktur jenderal IVI John Clemens produk tersebut sudah mendapatkan lisensi di India, dan akan disebarkan ke seluruh wilayah Asia dan belahan dunia lain yang terjangkit endemic Kolera. Keberhasilan penemuan vaksin murah itu tak terlepas dari sokongan dana Bill and Melinda Gates Foundation, pemerintah Korea Selatan, dan Swedia.

Vaksin itu sendiri telah diuji coba di beberapa wilayah pinggiran India, seperti Kalkuta. Hasil uji coba itu pun dinilai sangat memuaskan dan dapat membantu mengurangi penderita Kolera.

Kolera hingga saat ini masih menjadi permasalahan bagi dunia kesehatan. Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengungkapkan Kolera telah menjangkiti sekira 4031 penderita di 53 negara dunia, dan paling banyak berada di wilayah Afrika. Pada tahun 2007 jumlah penderita Kolera yang meninggal mencapai hingga 177.963 orang.

"Penggunaan vaksin kolera yang aman dan efektif diharapkan mampu mengurangi penyebaran Kolera terutama di seluruh dunia," kata John.
(srn)





[quoted by: m barja sanjaya, from OKEZONE]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar