Sabtu, 23 Mei 2009

Obesitas Bikin Anak Mudah Alergi

CHICAGO - Kelebihan berat badan atau obesitas yang dialami anak-anak dinilai berkaitan erat dengan sejumlah alergi, terutama alergi terhadap makanan.

"Kami menemukan hubungan yang positif antara obesitas dengan alergi," kata dokter di National Institute of Environmental Health Sciences or NIEHS, Dr Darryl Zeldin.

Zeldin dalam sebuah artikelnya di Journal of Allergy and Clinical Immunology mengungkapkan, 59 persen penderita alergi makanan justru anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan. Sebab itu, Zeldi menganjurkan perlunya orang tua menjaga berat badan buah hatinya. Demikian dilansir Dawn.com, Selasa (5/5/2009).

Kesimpulan Zeldin didapat dari penelitian terhadap 4.000 anak-anak dan remaja berusia 2 hingga 19 tahun yang pernah memiliki catatan medis tentang alergi dan asma. Berdasarkan analisis data terbukti jika 95 persen anak penderita alergi makanan itu memiliki berat badan yang melebihi indeks rata-rata berat badan yang disesuaikan umur.

Amerika Serikat selama ini dikenal memiliki masalah dengan obesitas, sebanyak 16 persen anak dan remaja AS diketahui mengalami kelebihan berat badan. Tak hanya alergi, obesitas juga dapat menyebabkan diabetes, asma, bahkan penyakit jantung. (srn)





[quoted by: m barja sanjaya, from OKEZONE]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar