Selasa, 09 Juni 2009

Saatnya UKM Gunakan Virtualisasi

JAKARTA - Di tengah krisis seperti ini, ujung tombak bagi perekonomian tidak bisa dipungkiri adalah, industri kecil dan menengah (UKM). Dan salah satu cara UKM akan memangkas biaya infrastruktur serta meningkatkan produktivitas karyawan adalah dengan virtualisasi.

Sistem virtualisasi memungkinkan sebuah server atau komputer bekerja layaknya beberapa server atau komputer. Dengan demikian dengan software virtualisasi memungkinkan penggiat bisnis menjalankan berbagai aplikasi pada server yang sama.

Dell memahami UKM dan tantangan yang dihadapinya. Tim ahli dari Dell akan menunjukkan apa yang dapat menjadikan UKM dapat memperoleh kuntungan dan menjadikan sistem TI lebih sederhana dan hemat biaya. Demikian yang dilansir keterangan resminya, Jumat (29/5/2009).

Laporan dari lembaga analisis TI terkemuka menunjukkan bahwa 36 persen dari sistem operasi pada server x86 yang dimiliki UKM telah di virtualisasi dibandingkan perusahaan besar yang hanya 31 persen. Data tersebut juga mengungkapkan bahwa UKM yang lain telah menikmati kelebihan virtualisasi dan menunjukkan tingkat adopsi yang lebih besar dibanding perusahaan besar.

Bagi sebagian pengusaha, hal itu merupakan kelebihan terpenting virtualisasi server. Kadang-kadang, khususnya di lingkungan UKM, salah satu isu utama adalah untuk pemulihan lingkungan produksi dengan sistem operasi yang memiliki ketergantungan pada driver hardware khusus.

Dalam sebuah lingkungan yang tervirtualisasi, ketika terjadi kerusakan hardware, server dapat dipindahkan ke virtualisasi server yang baru tanpa proses pemulihan yang khusus. Hasilnya: pengurangan downtime yang sangat besar. (srn)

---oOo---

dikutip oleh: m barja sanjaya, from OKEZONE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar