Jumat, 29 Mei 2009

Hindari Kanker Payudara dengan Olahraga

text TEXT SIZE :
Share
Foto: Corbis
KANKER payudara masih menjadi momok bagi para perempuan. Tak heran bila penyakit ini selalu meresahkan para perempuan. Jangan cemas, banyak cara untuk menghindari penyakit ini, atau setidaknya menghindari risikonya. Hasil penelitian riset di University of South Caroline mengatakan bahwa berolahraga secara rutin bias menurunkan risiko kanker payudara.

Penelitian dilakukan dengan meneliti 14.000 responden perempuan berusia 20-83 tahun tanpa riwayat kanker payudara. Dari jumlah tersebut, mereka dikelompokkan dalam tiga kelompok, yakni fit sekali, cukup fit, dan kurang fit. Setelah dianalisa selama beberapa lama, ternyata perempuan yang memiliki kondisi tidak fit memiliki risiko tiga kali lebih besar meninggal akibat kanker payudara ketimbang perempuan yang rutin berolahraga.

Nah, kebugaran tubuh sebenarnya bisa didapat dengan aktivitas yang mudah, seperti olahraga. Untuk mendapatkan kebugaran, hanya membutuhkan olahraga selama 150 menit/minggu.

Gerak badan tidak hanya bisa menurunkan risiko kanker, juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Studi lain yang dilakukan pada 2005 melaporkan, penderita kanker payudara yang ber-olahraga secara rutin cenderung lebih kuat atau survive dari penyakit tersebut.
(Koran SI/Koran SI/tty)

quoted by: m barja sanjaya, from OKEZONE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar