Selasa, 09 Juni 2009

Acer Akan Rilis Laptop Murah Linux-based

TAIPEI - Acer berencana mengeluarkan laptop murah dalam waktu dekat dengan menggunakan sistem operasi open-source Linux. Hal tersebut ditempuh Acer agar laptopnya dapat bersaing dengan harga yang sangat kompetitif.

Acer, yang saat ini menduduki peringkat ketiga dunia untuk vendor komputer terbesar menurut IDC, tengah mengembangkan One Page, software yang mempercepat booting lebih cepat dibandingkan biasanya. Melalui keunggulan One Page, Acer mencoba memberikan keleluasan kepada user untuk melakukan bypass secara cepat untuk bisa mengakses sejumlah fitur seperti music, messaging software, games, Internet dan lainnya.

"Saat ini sejumlah vendor telah meluncurkan laptop murah dengan sejumlah pilihan OS, diantaranya Microsoft Windows XP, Linux, ataupun program berbasis open-source lainnya. Kami ingin melanjutkan pengembangan One Page dengan menggunakan OS Linux," kata senior corporate vice president Acer Jim Wong, yang dikutip ComputerWorld, Senin (9/6/2008).

Peluncuran laptop murah ini, menurut Acer, adalah untuk menambah competitiveness antaranya dengan vendor-vendor laptop murah lainnya, terutama vendor yang juga berasal dari Taiwan, Asustek Computer (ASUS), yang populer dengan meluncurkan laptop Eee PC. Dilaporkan Asus mampu menjual sekira dua juta EeePC dengan sitem operasi Linux di pasar global.

Acer mengatakan akan meluncurkan mini-notebook perdananya pada pekan ini di Taiwan. Harganya akan berkisar antara USD399 hingga USD499, atau setara dengan Rp4,8 juta per satuan.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Acer mengenai kapan produk terbarunya ini akan digelontorkan di Indonesia.(cdr) (srn)


---oOo---

dikutip oleh: m barja sanjaya, from OKEZONE

1 komentar:

  1. wuih!!!!! perkembangan Operating System Linux emang mantep. emang susah sih klo masi awal-awal pakek OS Linux, tapi kita pasti belajar donk. okeh2.. ;)
    ---oOo---

    _barja

    BalasHapus