Selasa, 09 Juni 2009

'Penjaga' OLPC Membelot ke Apple

SAN FRANSISCO - Tidak banyak orang yang tahu mengenai keamanan penggunaan OLPC, seiring dengan tidak tahunya siapa orang dibalik keamanan laptop sosial tersebut.

Ivan Krstic merupakan orang yang berjasa dalam membentuk jaringan keamanan di OLPC. Atas keahliannya itu pun maka Apple kepincut untuk mempekerjakannya. Kini, Krstic pun telah resmi bekerja di perusahaan pencipta Mac, iPod, dan iPhone itu.

"Yang terpenting, saya telah menemukan tempat petualangan saya yang baru. Setelah melalui proses kesepakatan yang panjang, saya akhirnya memutuskan untuk pindah ke California dan bergabung dengan 'perusahaan buah lokal' di wilayah tersebut," ujar Krstic seperti dilansir melalui News TechWhack, Minggu (24/5/2009).

Krstic telah hampir dua tahun bekerja sebagai arsitek keamanan One Laptop per Child (OLPC) dengan menciptakan spesifikasi teknologi keamanan jaringan bernama Bitfrost.

Teknologi keamanan tersebut memungkinkan OLPC mampu memanage password, melakukan enkripsi hard drive, otentikasi mesin, update sekuriti dan mencegah kehilangan data pada laptop XO.
(srn)


---oOo---

dikutip oleh: m barja sanjaya, from OKEZONE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar