Selasa, 09 Juni 2009

Smartphone Dell Gunakan Teknologi Layar Sentuh

SAN FRANSISCO - Kabar tentang raksasa komputer Dell yang berencana mengeluarkan ponsel cerdas semakin kencang berhembus. Kepastian mengenai kabar tersebut tampaknya semakin mendekati kebenaran.

Seperti dilansir Wall Street Journal (WSJ), Sabtu (31/1/2009), Dell telah setahun menyiapkan 'senjata' rahasianya tersebut di sebuah kantor di wilayah Chicago. Menurut seorang sumber, tim pengembang ponsel cerdas Dell telah mengembangkan dua model untuk diterjunkan ke pasar ponsel.

Sumber WSJ mengungkapkan, model pertama akan menggunakan teknologi layar sentuh dan tak memiliki keyboard fisik sama sekali. Sedangkan model kedua merupakan ponsel geser di mana keyboard tersembunyi di balik layar.

Namun, WSJ belum dapat memastikan operasi sistem apa yang akan digunakan dalam ponsel produksi Dell tersebut, mengingat tempat pengembangan ponsel tersebut dekat dengan tempat pengembangan dua operasi sistem, Google Android dan Microsoft Windows Mobile.

Sejak setahun silam Dell dikabarkan telah berulang kali menjalin hubungan dengan beberapa produsen komponen ponsel dan perusahaan pengembang mobile software untuk mewujudkan ambisinya. Dell juga diam-diam diisukan telah menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan manufaktur asia untuk memproduksi ponsel cerdasnya secara massal.

Berdasarkan kabar yang beredar, Dell akan merilis produk terbarunya tersebut pada even Mobile World Congress, yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, 16-19 Februari 2009 mendatang. (srn)


---oOo---

dikutip oleh: m barja sanjaya, from OKEZONE

1 komentar: